Kategori Makna Leksikal Verba Pada Iklan Produk Kecantikan MS Glow

Dipublikasikan oleh admin pada

Kategori Makna Leksikal Verba Pada Iklan Produk Kecantikan MS Glow

Eva Eri Dia1,Sinta Dwi M2

Pendidikan Bahasa Indonesia STKIP PGRI Jombang

Email : evaeridia@gmail.com, dmfsinta@gmail.com

Abstract

Advertising is a form of persuasion in an effort to influence the target audience about their views or buying decisions. Advertising for women’s beauty products is one of them. This study aims at the category of the lexical meaning of the verbs used in the description of the product. The reason the researcher took the object of the MS Glow product was because this product was phenomenal and the sentences used in the advertisement were very persuasive. The research method used is a qualitative descriptive method. The sources and research data are MS Glow beauty product advertisements. The research instrument used a classification table. The data collection technique used is the technique of observing and listening to MS Glow product advertisements. The results of this study are the categories of lexical meaning of verbs contained in MS Glow . beauty product advertisements

Keywords: semantics, lexical meaning category, verb category, MS glow product advertisement

Abstrak

Iklan merupakan satu bentuk pembujukan dalam usaha mempengaruhi khalayak sasaran tentang pandangan atau keputusan membeli. Iklan produk kecantikan wanita merupakan salah satunya. Penelitian ini bertujuan pada kategori makna leksikal verba yang digunakan  dalam keterangan produk tersebut. Alasan peneliti mengambil objek produk MS Glow karena produk ini sangat fenomenal dan kalimat yang digunakan dalam iklan sangat persuasif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deksriptif kualitatif. Sumber dan data penelitian adalah iklan produk kecantikan MS Glow. Instumen penelitian menggunakan tablel klasifikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik hasil observasi dan menyimak iklan produk MS Glow. Hasil penelitian ini adalah kategori makna leksikal verba yang terdapat pada iklan produk kecantikan MS Glow.

Kata kunci : semantik, kategori makna leksikal, kategori verba, iklan produk MS glow

PENDAHULUAN

Bahasa sebagai sebuah alat interaksi sosial memiliki peranan cukup besar, hampir tidak ada kegiatan manusia yang berlangsung tanpa kehadiran bahasa. Bahasa muncul dan diperlukan dalam segala aspek kegiatan seperti pendidikan, perdagangan, keagamaan, politik, militer dan sebagainya (Sudana, 2014; Susanto, 2016). Bahasa juga digunakan dalam berkomunikasi secara lisan maupun tertulis (Dewi, 2016; Marini & Rahma, 2015). Bahasa memiliki kedudukan penting dalam kehidupan manusia, yakni sebagai alat komunikasi yang menghubungkan individu satu dengan lainnya, selain itu peranan bahasa yang tidak mungkin tergantikan memaksa manusia untuk dapat menguasai bahasa.

Semantik sebagai istilah yang digunakan pada bidang linguistik yang mempelajari tentang tanda-tanda linguistik dengan hal-hal yang ditandainya. Oleh karena itu, kata semantik dapat diartikan sebagai ilmu tentang makna atau tentang arti, yaitu salah satu dari tiga tataran analisis bahasa: fonologi, gramatika, dan semantik (Chaer, 1994: 2). Semantik (dari bahasa Yunani: semantikos, memberikan tanda, penting, dari kata sema, tanda) adalah cabang linguistik yang mempelajari arti/makna yang terkandung pada suatu bahasa, kode, atau jenis representasi lain.

Dari pengertian para ahli bahasa di atas, dapat dikatakan bahwa batasan tentang pengertian makna sangat sulit ditentukan karena setiap pemakai bahasa memiliki kemampuan dan cara pandang yang berbeda dalam memaknai sebuah ujaran atau kata makna sering kita jumpai pada satu kata atau kalimat terkadang makna tersebut sering menimbulkan perbedaan terhadap pembaca bagaimana sebenarnya tafsiran dari makna tersebut. Ilmu sematik memiliki berbagai jenis makna, adapun jens semantik menurut Chaer (2013; 59-78) yakni makna leksikal, gramatikal, konseptual, asosiatif, idiomatikal, makna istilah, peribahasa, referensial, nonreferensial, denotatif, koordinatif, makna kata, kolusi, ilokusi, dan makna perlokusi.  Menurut Chaer (2009: 60) menyatakan bahwa makna leksikal sendiri bercirikan hal-hal berikut, yakni bersifat leksikon, bersifat leksem, dan bersifat kata.  Makna leksikal ini juga sering disebut dengan suatu makna yang bertara dengan hasil observasi indrawi.

Iklan adalah sekumpulan tanda yang bebas ditafsir. Pada dasarnya, tanda-tanda yang digunakan dalam iklan terdiri atas dua jenis, yaitu verbal dan nonverbal.Tanda verbal adalah bahasa yang kita kenal, sedangkan tanda nonverbal adalah bentuk dan warna yang disajikan dalam iklan, yang tidak secara khusus meniru rupa atas bentuk realitas (Sobur, 2009: 116). Bahasa iklan merupakan bahasa yang sangat kaya, baik gaya maupun pilihan katanya. Tujuan utama dari bahasa iklan adalah untuk menarik perhatian.

Sesuai dengan definisi iklan, iaitu bertujuan mendapatkan perhatian khalayak, iklan produk kecantikan wanita sememangnya bertujuan menarik perhatian wanita yang nalurinya mahu sentiasa kelihatan cantik. Menelusuri sejarah iklan berkaitan produk kecantikan wanita, Jones (dipetik dari Searing & Zeilig, 2017), menyatakan sejarah iklan kosmetik dan penjagaan kulit telah berusia sekurang- kurangnya satu abad. Penyataan ini secara tidak langsung menggambarkan bahawa penggunaan produk kecantikan pastilah telah berlaku lebih awal daripada tempoh tersebut (Searing & Zeilig, 2017).

Dapat ditarik kesimpulan bahwa bahasa iklan merupakan bahasa yang sangat kaya, baik gaya maupun pilihan katanya. Tujuan utama dari bahasa iklan adalah untuk menarik perhatian. Pengiklan menggunakan bahasa secara khusus karena ada beberapa keuntungan tertentu dengan membuat pernyataan yang aneh dan kontroversial dibandingkan dengan menggunakan bahasa yang sederhana.Penulis iklan terkenal senang bermain dengan kata-kata dan memanipulasi atau mengubah makna yang sebenarnya.Fenomena ini sangat unik dan menarik untuk ditelaah secara lebih mendalam.

Dalam hal ini, peneliti tertarik untuk membahas terkait kategori makna leksikal verba yang terdapat pada produk kecantikan ms glow karena berdasarkan trend dunia skin care di era digital ini semakin menggeliat, apalagi produk satu in yang naik daun. MS Glow adalah brand produk perawatan wajah dan tubuh produksi dalam negeri. Pertama kali meluncur di pasaran pada tahun 2013 secara online. Pemiliknya, yaitu Shandy Purnamasari dan Maharani Kemala yang merupakan sahabat baik. Produk kecantikan yang dihadirkan juga tergolong lengkap dalam mengatasi berbagai masalah kulit wanita Indonesia. Bahkan kini ada MS Glow for men yang dikhususkan untuk laki-laki.

 Iklan produk kecantikan ms glow juga tidak hanya ditemui di televisi, tetapi dapat kita temui pada media social misalna pada Instagram. Sehubungan itu, bagi memperlihatkan tujuan iklan adalah untuk mempengaruhi khalayak sasarannya, penggunaan kategori makna leksikal verba akan dilakukan pada iklan produk kecantikan wanita yang dihasilkan oleh produk MS Glow.

Terkait  hubungan dari penggunaan Bahasa iklan yang dipilih dan bagaimana kata kerja (verba) yang digunakan sangat mempengaruhi daya tarik penonton iklan tersebut. Pada penelitian ini, peneliti memfokuskan pembahasan pada analisis karegori makna leksikal verba pada iklan produk kecantikan MS Glow. Dimana nantinya pada hasil dan pembahasan akan di analisis sesuai dengan teori yang tercantum.

Nb : Untuk para pembaca yang ingin versi lengkap bisa cek link dibawah ini ya, selamat membaca

https://drive.google.com/file/d/1hD7Smq9sr3SLyZjU9mjcmdMUkuTdnx2P/view?usp=drivesdk

Kategori: KTI

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.