Jelajah Pena Bersama SMK Global Mentoro-Sumobito

Dipublikasikan oleh admin pada

Zaman sekarang banyak masyarakat khususnya remaja yang kurang memahami pentingnya berliterasi juga jurnalisme. Sehingga informasi yang mereka terima dan percaya tanpa menganalisa kebenarannya. Seiring kecanggihan teknologi sumber daya manusia pada zaman sekarang khususnya remaja perlu diberi suatu kemahiran atau soft skill untuk mengelola informasi dengan benar dan jelas, diantaranya ilmu literasi dan jurnalistik. Oleh karena itu, Unit Kegiatan Penalaran (UKPM) STKIP PGRI Jombang menyelenggarakan sebuah kegiatan yang bertajuk “Jelajah Pena 2018”.
Jelajah pena 2018 merupakan kegiatan yang baru pada periode 2017/2018. Kegiatan yang diketuai oleh Dewi Mistika Sari ini bertujuan menumbuhkan jiwa kepenulisan para remaja melalui jurnalistik dan literasi. Kegiatan dilaksanakan pada hari Kamis, 30 Agustus 2018 di SMK GLOBAL Mentoro-Sumobito. Dalam kegiatan ini terdapat beberapa pelatihan dengan pemateri dari anggota UKPM yang sudah ahli di bidangnya, yaitu pelatihan puisi dengan pemateri Ika Wahyu Juniarti, pelatihan berita dengan Annisa Rohmah, pelatihan editing karya fiksi dengan pemateri Dewi Mistika Sari dan pelatihan desain dengan pemateri Heru Cahyono. Peserta pada kegiatan ini dari para siswa SMK GLOBAL kelas X dan XI. Sebelum kegiatan dilaksanakan para panitia melakukan sosialisasi ke setiap ruang kelas X dan XI. Kemudian para siswa diperkenankan untuk mendaftar dan memilih materi pelatihan yang diinginkan.
Pada hari pelaksanaan, kegiatan dibuka oleh Bapak Irwan selaku kepala SMK GLOBAL. Beliau berharap dengan adanya kegiatan semacam ini dapat meningkatkan jiwa literasi remaja yang dapat dihasilkan baik melalui tulisan tangan maupun melalui media sosial masing-masing. Kemudian kegiatan ini dilanjutkan dengan pengelompokan para siswa ke setiap materi pelatihan yang sudah mereka pilih. Kemudian para siswa memasuki ruang pelatihan masing-masing. Seluruh pelatihan dilakukan secara bersamaan dengan durasi kurang lebih 2 jam.
Setelah seluruh pelatihan selesai, para pemateri menentukan peserta terbaik dari setiap pelatihan yang diumumkan pada acara penutupan. Peserta terbaik dari pelatihan puisi adalah Andi Miftahul M. (X TBSM), pada pelatihan berita adalah Shinta Widyawati (XI JB), pada pelatihan editing karya fiksi adalah M. Taufiqurrahman (XI MM) dan dari pelatihan desain adalah Panca Firman A. (XI MM).


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.